Pages

Sabtu, 26 Februari 2011

RESUME I_KONSEP DASAR MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN

Rabu, 23 Februari 2011 pukul 13.00-15.00
Konsep Dasar Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Apa itu pemasaran?
Pemasaran merupakan fungsi yang memiliki hubungan paling besar dengan lingkungan eksternal, padahal lembaga pendidikan memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal. Oleh karena itu pemasaran memainkan peranan penting dalam pengembangan strategi. Strategi pemasaran merupakan pernyataan mengenai bagaimana suatu merek atau produk mencapai tujuannya.
Marketing adalah proses sosial dan manajerial yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mendapatkan apa yang ia butuhkan melalui pertukaran produk.
·         Inti dari pemasaran adalah Komunikasi (dalam bentuk iklan)
Konsep-konsep inti pemasaran meliputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
        Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
        Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. (dipengaruhi budaya atau modern) dari luar.
        Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
Penggunaan strategi yang tepat akan berdampak pada kemajuan institusi pendidikan itu sendri baik bagi internal maupun eksternal. Pendidikan yang bergerak dalam bidang jasa di tuntut memiliki kemampuan dalam memasarkan jasa pendidikannya. Untuk itu pemahaman mengenai bermacam-macam strategi dalam pemasaran jasa pendidikan sangat diperlukan bagi kemajuan organisasi pendidikan.
Apa itu Jasa?
Jasa merupakan apapun yang dapat menjual baik personal maupun service, tempat, organisasi, ide, nilai produk, interaksi, produsen dan konsumen.
Sementara jasa pada dasarnya adalah sesuatu yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1.      suatu yang tidak berwujud, tetapi dapat memenuhi kebutuhan konsumen
2.      proses produksi jasa dapat menggunakan atau tidak menggunakan bantuan suatu produk fisik
3.      jasa tidak mengakibatkan peralihan hak atau kepemilikan
4.      terdapat interaksi antara penyedia jasa dengan pengguna jasa.
5.      Jasa itu dibeli dahulu baru diproses
6.      Kualitas jasa ditentukan oleh kualitas interaksi antara konsumen dengan produsen.
Beberapa karakter dari intangibility adalah:
1.      Suatu jasa baru bisa dirasakan ketika jasa tersebut disampaikan kepada konsumen.
2.      Suatu jasa kadang terasa sulit dipahami konsumen.
3.      Suatu jasa sulit kadang sulit untuk dijelaskan kepad konsumen
4.      Penilaian akan kualitas sulit ditentukan oleh konsumen
5.      Harga sulit untuk ditentukan
Karena tidak berwujud, konsumen biasanya melihat tanda-tanda dan sesuatu yang bisa dilihat atau dirasakan untuk bisa menilai kualitas suatu jasa. Mereka akan melihat kualitas dari para pegawainya, peralatan, tempat, simbol, dan juga harga yang bisa mereka rasakan.
Manajemen pemasaran yang mempromosikan produk maupun jasa, berkaitan dengan transaksi antara dua pihak yang saling membuat persetujuan (agreement) dan nilai (value). Selain itu transaksi dalam pemasaran juga membutuhkan waktu serta tempat kesepakatan. Jadi pelanggan dan pedagang saling menentukan kapan rentang waktu pedagang menyelesaikan pekerjaannya dan dimana tempatnya.
Filosofi dalam pemasaran, antara lain :
  1. Production concept
Merupakan konsep dalam pemasaran yang menggunakan teknik dengan produksi yang sebanyak-banyaknya, serta tempat untuk memproduksikannya pun berada dimana-mana.
  1. Production
Merupakan produksi yang menggunakan teknik pemasaran dengan mempercantik kemasan dari produk tersebut agar pelanggan lebih tertarik untuk membeli produk tersebut
  1. Selling concept
Merupakan konsep pemasaran yang menggunakan teknik dengan menjual barang atau produk dengan skala yang terbesar atau terpenuhi dalam satu tempat, sehingga memudahkan pelanggan dalam membeli sebuah produk, seperti : Carefour
  1. Marketing concept
Merupakan konsep pemasaran yang menggunakan teknik dengan memasarkan barang meskipun tanpa membawa produknya terlebih dahulu, contoh : Multi Level Marketing (MLM)
  1. Social marketing
Merupakan konsep pemasaran yang menggunakan teknik pemasaran agar semua untung (pedagang, pelanggan, bahkan lingkungan), contoh : Oriflame (kosmetik) yang menggunakan bahan alam sehingga lingkungan dapat terminimalisir dalam limbahnya.

Oleh :
NUNIEK INDRIASTI RAHAYU
1445096069
MANAJEMEN PENDIDIKAN NON REGULER 2009

0 komentar:

Poskan Komentar

 

(c)2009 Nuniek Indriasti Rahayu ;). Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger