Pages

Selasa, 29 Maret 2011

BISNIS DAN JENIS USAHA (REVISI)


Nuniek Indriasti Rahayu
1445096069
Manajemen Pendidikan Non Reguler 2009
Jenis Usaha : Les Memasak

Bukan hal yang asing lagi, bahwa rata-rata ibu-ibu ataupun perempuan itu lebih mempunyai naluri  di bandingkan pria yang memiliki hobby memasak terutama untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarganya. Terutama bagi para perempuan yang ingin menikah, calon-calon mertua jaman sekarang yang tentunya masih menjadikan masak sebagai ‘senjata’ dan ‘syarat utama’ untuk bisa hidup berkeluarga. Karena dengan memasak  terlihat sisi sebagai ibu rumah tangga yang baik yang mampu melayani suami dan anaknya di dalam memenuhi kebutuhan pangannya. Sehingga secara tidak langsung, memasak menjadi satu kewajiban khusus yang harus dimiliki para remaja putri, calon ibu rumah tangga maupun ibu-ibu.
Berawal dari kegemaran saya memasak, saya ingin sekali memiliki bisnis les memasak. Karena di lingkungan sekitar rumah saya banyak ibu-ibu rumah tangga yang tidak bekerja dan remaja putri rata-rata tidak bisa memasak, oleh karena itu bisnis ini mungkin cocok dikembangkan lingkungan rumah saya. Selain ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan dan remaja-remaja putri, les memasak disini juga di peruntukan bagi calon-calon ibu rumah tangga yang ingin menikah dan membahagiakan suaminya dengan memenuhi kebutuhan pangan dalam rumah tangganya.
Didalam les memasak yang akan saya buat, saya akan memilih guru yang profesional dibidang tata boga dan sudah memiliki sertifikat. Selain itu kurikulum yang ada di dalam les masak disesuaikan dengan kebutuhan (dalam bentuk paket (menu)) dan usia para peserta atau murid dalam les memasak.
Selanjutnya mengenai segmentasi pasar untuk les memasak yang saya buat. Berdasarkan segmentasi geografis disini les memasak yang akan saya buat di daerah perumahan yang tentunya letaknya strategis agar orang-orang terutama para ibu-ibu rumah tangga dan calon ibu rumah tangga dapat dengan mudah mengaksesnya. Untuk segmentasi demografis, les memasak yang akan saya buat  disini terbuka bebas untuk siapa saja atau bersifat umum baik wanita atau pria tetapi lebih di prioritaskan pada  wanita dengan usia minimal 15 tahun dan maksimal 45 tahun.
Lalu, berdasarkan segmentasi psycografis, les memasak disini tidak harus menelan biaya yang sangat besar dan tidak repot dengan jadwal, untuk yang reguler cukup dengan 100.000 sampai dengan 125.000 per paket sudah termasuk biaya makan siang dan di lakukan selama seminggu 2 kali pertemuan dan hari bisa di sesuaikan peserta atau siswa les. Namun bagi yang ingin cepat bisa atau kilat biaya disini agak mahal dibandingkan yang regular biaya sekitar 175.000 hingga 230.000 per paket sudah termasuk biaya makan siang, selama 4 kali pertemuan. Sehingga dapat terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Nuniek Indriasti Rahayu ;). Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger