Pages

Minggu, 20 Maret 2011

REPORTASE III MANAJEMEN PEMASARAN JASA PEND._Menganalisis Lingkungan Organisasi Pendidikan


Menganalisis Lingkungan Organisasi Pendidikan

Pada hari Rabu, 16 Maret 2011. Pukul 13.00-15.00 di lantai 3 gedung Daksinapati kampus A Universitas Negeri Jakarta ruang 307 oleh dosen Amril Muhammad,SE., M.Pd dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran jasa Pendidikan. pada hari itu pak amril menjelaskan tentang analisis lingkungan organisasi pendidikan. Yang pertama beliau menjelaskan tentang à Apa itu  Lingkungan Pemasaran?
Lingkungan pemasaran merupakan people (pelaku) dan powers (kekuatan-kekuatan) diluar pemasaran yang berdampak pada kemampuan mengelola pemasaran untuk mengembangkan dan menjaga transaksi dengan pelanggan bias terjadi (berlangsung) lancar.  Lingkungan pemasaran itu terdapat 2 jenis  yaitu lingkungan pemasaran internal dan eksternal. Lingkungan pemasaran internal  antara lain : (1) Berbicara tentang manusia (people) ; yang pertama disini dilihat dari kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru yang memiliki background keilmuan yang harus cocok, yang kedua placement; penempatan atau posisi yang dimiliki seorang guru harus sesuai agar guru tersebut dapat bekerja sesuai dengan kemampuan dan keahlian (professional) yang dimilikinya. Yang ketiga ada kepribadian. (2) Kebijakan : kebijakan harus menggambarkan visi dan misi yang di capai (mau kemana tujuannya dan harus sesuai dengan visi dan misi dari organisasi tersebut), aturan-aturan yang digunakan juga harus di perhatikan disini berkaitan dengan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak seharusnya dilakukan oleh seseorang, serta target apa yang mau di capai ? disini maksudnya jika suatu sekolah ingin menerima siswa lebih banyak dari tahun sebelumnya maka harus disesuaikan ruangan kelasnya dengan cara dibangun atau di tambah gedungnya. (3) Leadership ; disini gaya kepemimpinan juga sangat mempengaruhi suatu organisasi. Karena jika gaya kepemimpinannya buruk maka akan terpengaruh oleh organisasinya tersebut. Disini terdapat macam-macam gaya kepemimpinan yang pertama ada gaya kepemimpinan yang sentral adalah apapun yang dilakukan menurut pemimpinnya. Kedua gaya kepemimpinan moderat adalah seorang pemimpin dalam mengambil keputusan bertanya dahulu kepada bawahannya. Dan yang terakhir ada gaya kepemimpinan lepas tangan adalah gaya kepemimpinan yang semua pekerjaannya dilimpahkan ke manajer. (4) Reward system atau pemberian penghargaan sangat penting di lakukan untuk menilai dan menghargai dari prestasi seseorang, pemberian reward system dapat berupa materi (gaji beserta tunjangan-tunjangan) dan non materi  berupa pujian atau penghargaan terhadap seseorang dalam bentuk hadiah. Dan yang ke (5) Culture ( nilai-nilai yang di anut)
Dan yang kedua lingkungan pemasaran eksternal antara lain yaitu : (1)Demografi (banyak penduduk) bias dilihat dari faktor  kepadatan penduduk, lokasi atau tempat tinggal seseorang (banyak pedagang yang berjualan di tempat yang macet), usia, gender, ras dan juga dari occupation atau pekerjaannya. (2) Economic Environment (3)Natural Environment (Lingkungan Alam) (4) Teknologi: contohnya ada kulkas di dalam ruang kelas, ada kamar mandi di dalam ruang kelas. Dan yang ke (5) Lingkungan budaya ; ( dahulu orang di desa memiliki kebiasaan menaruh unggas di dalam rumahnya, lalu setelah timbulnya penyakit flu burung kebiasaan tersebut menjadi hilang dan unggas yang mereka pelihara, mereka taruh diluar karena sebaian warga takut kena penyakit tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Nuniek Indriasti Rahayu ;). Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger