Pages

Sabtu, 26 Maret 2011

REPORTASE IV MANAJEMEN PEMASARAN JASA PEND_SEGMENTASI DAN TARGETING

Segmentasi Dan Targeting

Pada hari Rabu, 23 Maret 2011. Pukul 13.00-15.00 di lantai 3 gedung daksinapati kampus A Universitas Negeri Jakarta ruang 307 oleh dosen Amril Muhammad,SE., M.Pd dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran jasa Pendidikan. pada hari itu pak amril menjelaskan tentang segmentasi dan targeting.
Pada prinsipnya pasar merupakan tempat bertemunya pembeli potensial dengan penyedia produk atau layanan jasa. Disini terdapat 3 hal : (1) Mass marketing; penjualan yang besar dan produksinya pun banyak contohnya pabrik coca-cola, dimana pun dapat di beli dan harganya pun relative murah bias dibeli oleh siapa saja. (2) Product Variety Marketing; yang pertama dilihat dari feature atau tambahan, style atau gaya contohnya beragam model kerah, ada kerah model shanghai (mandarin) dan kerah model biasa, bisa juga dilihat dari segi ukuran (S,M,L dan XL) dan juga kualitas dari produk tersebut. (3) Target Marketing (sasaran) disini hal yang di perhatikan adalah segmennya.
Apa itu Segmentasi??? Segmentasi adalah membagi atau memecah pasar dalam kelompok-kelompok serta membuat perbedaan dari kebutuhan, karakteristik dan perilaku. Mengidentifikasi dasar segmentasiyang pertama ada faktor Geografis, yang kedua Demografis, yang ketiga faktor Psycografis dan yang keempat faktor behavior. Berikut penjelasaanya satu-persatu :
Yang pertama Faktor Geografis, membagi segmentasi : (1) Nation atau bangsa : menjual produk di luar negeri atau di dalam negeri), (2) State atau Negara : membuat aturan-aturan yang di buat oleh suatu Negara, (3) Region atau wilayah : disini dilihat wilayah mana yang mau di buat, (4)  City atau kota : disini system penjualan di kota dengan harga tinggi lebih mudah  dibandingkan di desa, kalau di desa menjual dengan harga tinggi dengan system perkreditan.
Yang kedua Faktor Demografis, membagi segmentasi : (1) Usia : pengelompokan berdasarkan usia misalnya ; pengelompokkan sekolah sesuai usia, pada usia 6-11 tahun anak-anak duduk di bangku Sekolah Dasar, usia 12-14 tahun anak-anak duduk di bangku SMP, dan pada usia 15-17 tahun anak-anak duduk di bangku SMA. (2) Gender : Male dan female. (3) family size  : ukuran keluarga contoh: dalam membeli mobil jika keluarganya banyak  konsumen  memilih mobil Innova yang muat banyak, sebaliknya jika keluarganya sedikit konsumen memilih mobil Honda jazz. (4) Family Recycle : (5) Income atau pendapatan : (6) Occupation atau pekerjaan :  pengelompokan berdasarkan jabatan atau pekerjaan (level). (7) Pendidikan (8) Agama : contoh bikin restaurant harus disesuaikan berdasarkan agama yang di anut oleh lingkungan sekitar. (9) Ras : di sesuaikan dengan warna kulit.
Yang ketiga Faktor Psycografis, membagi segmentasi : (1) Sosial : berdasarkan kelas (level) (2) Life style atau gaya hidup : ada yang nyantai dan ada juga yang glamour. (3) Personality.
Faktor yang terakhir, faktor behaviour (perilaku), membagi segmentasi : (1) manfaat. (2) status pengguanaan (3) sering tidaknya digunakan (4) loyalitas (5) kesiapan konsumen (6) sikap terhadap produk (7) tipe positive atau negative (8) relationship buyers (9) transaction buyer.

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Nuniek Indriasti Rahayu ;). Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger