Pages

Jumat, 20 Mei 2011

REPORTASE 7_ PLACE

NUNIEK INDRIASTI RAHAYU
1445096069
MP NONREG 2009
REPORTASE KE 7 PLACE

Jakarta 13 Mei 2011. Pukul 13.00-15.00 di lantai 3 gedung Daksinapati kampus A Universitas Negeri Jakarta ruang 307 oleh dosen Amril Muhammad,SE., M.Pd dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. pada hari itu pak amril menjelaskan tentang Place pada marketing mix yang dalam pertemuan sebelumnya dijelaskan mengenai Price pada marketing mix.
PLACE
Place atau penempatan yaitu mendistribusikan suatu produk kepada konsumen, dimana konsumer dapat membeli produk / jasa anda baik virtual melalui internet atau secara nyata dengan adanya tempat secara nyata (dapat berupa rumah, toko, perusahaan dan sebagainya).
Ada beberapa cara pendistribusian barang untuk sampai pada konsumen, diantaranya adalah yang pertama Langsung (Produsen langsung menjual atau mendistribusikan produk ke konsumen. penjualan ini bisa melalui toko atau outlet milik sendiri maupun milik sendiri dengan menyewa tempat), yang kedua ada Intermediatery (Pendistribusian produk melalui: Agen, Supermarket, Toko milik pihak ke tiga (menaruh barang pada toko lain yang bukan milik pribadi) Pendistribusian jenis ini memiliki prinsip bagi hasil atau pemberian royalty terhadap toko yang ditumpanginya.) selanjutnya Hybrid (Pendistribusian produk secara campuran antara langsung dengan intermediatery. Contoh: Nokia memiliki toko sendiri untuk menjual produknya, tetapi Nokia juga menjual produknya di toko lain yang bukan milik sendiri), lalu ada Telemarketing Yaitu Penjualan produk dengan menggunakan jaringan telepon. Biasa dipakai Bank dalam hal marketing, asuransi, dan kartu kredit., MLM (Multi Level Marketting) Merupakan cara menjual produk dengan menggunakan jasa orang lain yang sifatnya bertingkat atau terdapat level-level tertentu. Dan yang terakhir E-Commerce yaitu Cara mempromosikan produk dengan cara menggunakan media online yaitu dengan membuat website sendiri, sebagai contoh kaskus atau facebook. Pada prinsipnya pendistribusian dilakukan demi mendekati konsumen. Agar konsumen memiliki kemudahan untuk membeli produk yang dijual dan agar konsumen tidak mudah pindah ke produsen lain.
Alasan dalam memilih saluran distribusi yaitu dikarenakan efisiensi biaya, dapat fokus terhadap satu bidang agar tidak tercampur baur, mempertimbangkan kualitas, SDM (Sumber Daya Manusia) dan Pergudangan.

Sabtu, 14 Mei 2011

REPORTASE 6_ PRICING PADA MARKETING MIX

Jakarta 11 Mei 2011. Pukul 13.00-15.00 di lantai 3 gedung Daksinapati kampus A Universitas Negeri Jakarta ruang 307 oleh dosen Amril Muhammad,SE., M.Pd dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran jasa Pendidikan. pada hari itu pak amril menjelaskan tentang pricing atau harga pada marketing mix dalam pertemuan sebelumnya dijelaskan mengenai produk pada marketing mix.
Price atau harga dapat diartikan sebagai sejumlah uang yang ditukarkan untuk memperoleh produk atau jasa. Selain itu, harga merupakan sejumlah nilai yang digunakan untuk memperoleh manfaat dari kepemilikan atau penggunaan jasa.
1. Internal Faktor (Faktor-faktor yang ada di dalam organisasi) yaitu yang pertama cost (harga pokok) terdiri dari Bahan Baku+Tenaga Kerja Langsung+Overhead+Laba selanjutnya ada Marketing mix strategy yaitu barang yang sama dijual ditoko yang beda, harganya menjadi berbeda, lalu marketing Objektif yaitu Mengenai tujuan dari pemasaran itu untuk apa?Dan organizational consideration (Pertimbangan Organisasi) yaitu Pertimbangan-pertimbangannya berupa SDM dan produk yang berkaitan dengan kemasan, dan kemasan berpengaruh dengan outlet, dan memiliki tempat dimana-mana.
2. Eksternal Faktor terdiri dari Market yang Terbagi lagi menjadi 3 yaitu yang pertama Pure Competion (berjualan dengan kompetisi yang fair), Monopoli yaitu ada beberapa perusahaan, tetapi dalam menentukan harga kelompok secara bersamaan yang menentukannya dengan 1 harga dan Oligarki. Selanjutnya Demand (Kekuatan Permintaan) yang memiliki hokum bahwa Apabila Demand naik, Supply tetap maka harga Naik (D↑,S─ →P↑) sebaliknya Apabila Demand turun, Supply tetap maka harga Turun (D↓,S─ →P↓), lalu yang ketiga ada competitor , dan yang terakhir other eksternal factor yaitu Politik, Sosial, Hukum (memeriksa ke laboratorium), Ekonomi dan Biografi
Terdapat tiga pendekatan dalam menentukan harga yaitu yang pertama ada cost based pricing yaitu harga pokok produksi ditambah dengan laba, selanjutnya ada value based pricing dan yang terakhir ada competition based pricing. Dalam strategi penyesuaian harga biasanya penjual melakukan berbagai strategi seperti memberikan discount (potongan tanpa kompesasi) dan allowance (dengan menukar tambah barang).


Oleh :
Nuniek Indriasti Rahayu
1445096069
MANAJEMEN PENDIDIKAN NON REG 2009


Rabu, 11 Mei 2011

TUGAS KELOMPOK MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN (MARKETING MIX)

TUGAS KELOMPOK MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
Nama Kelompok :
1.     Feby Sukma Avianti (1445096072)
2.     Nuniek Indriasti Rahayu (1445096069)
3.     Zenith Mar’atussolehah (1445097788)
MANAJEMEN PENDIDIKAN NON REGULER 2009

JENIS USAHA : CATERING (NICE AND DELICIOUS CATERING)
 


POSITIONING
Usaha atau bisnis yang akan kami dirikan, akan bertempat di ruko yang lokasinya dekat dengan perumahan. Ukuran ruko yang akan kami gunakan yaitu dengan luas bangunan 10 x 12 meter, dan dengan dapur yang berukuran 6 x 7 meter posisi dapur tersebut di belakang ruko karena untuk menjaga kebersihan masakan sehingga hanya yang berkepentingan saja yang melewati dapur. Usaha atau bisnis ini bernama “nice and delicious catering” ini akan bertempat di Tangerang, dekat dengan perumahan dan strategis dengan akses jalan umum sehingga mudah ditemukan dan dijangkau oleh para konsumen.
·      Competitive advantage
Image yang kami tawarkan adalah makanan yang berkualitas, bergizi dan menyehatkan yang telah lulus uji oleh BPOM dan berlabelkan halal oleh MUI untuk dikonsumsikan. Selain itu kami juga menawarkan pesanan bagi yang vegetarian, kami juga sangat menjaga sekali kehigienisan dalam masakan karena menurut kami selain rasa kehigienisan juga penting dalam memuaskan konsumen.


·      Communicating and delivering
Untuk communicating and delivering kami akan menerima pesanan paling lambat 7 hari sebelum acara dari si konsumen, tetapi kami juga membuka untuk pembeli yang ingin membeli langsung.  nice and delicious catering” menerima pesanan masakan pesta pernikahan, sunatan, walimahan dan acara keluarga yang jumlahnya banyak. S elain masakan kami juga menerima pesanan makanan ringan dan penutup seperti lemper atau kue-kue basah dan pudding yang dapat dibeli secara langsung tanpa memesan terlebih dahulu.

MARKETING MIX
1.           Produk
Jenis produk disini yang akan kami produksi adalah jenis industrial product tetapi jika digolongkan dalam consumer product, maka jenis usaha kami bersifat Shopping Product yaitu pembeli memilih-memilih atau mensurvey makanan terlebih dahulu makanan apa yang akan di pesan sebelum acara dimulai karena kami menyediakan paket makanan yang berbeda-beda atau sesuai dengan keinginan para konsumen. Selain itu usaha kami juga bersifat Convincience yaitu pembeli membeli secara langsung tanpa memesan terlebih dahulu seperti pada kue-kue basah dan pudding.
Mengapa konsumen memilih “Nice and Delicious Catering” ?
Berikut alasannya:
1) Product atribut
ü  Kualitas
Produk yang ditawarkan oleh kami berkualitas tinggi karena kami menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, seperti pada sayuran, buah-buahan kami menggunakan bahan yang segar. Dan daging-dagingan seperti ayam, daging sapi, daging kambing, dan ikan kami menggunakan yang baru dan tidak berhari-hari (segar). Selain itu 100 % kami tidak mencampuri (menggunakan) bahan pengawet dalam memasak dan kami sangat menjaga kehigienisan (bersih) baik dalam segi ruangan (dapur) maupun dari segi makanannya. Alasan kami menggunakan bahan-bahan yang berkualitas disini yaitu agar hasil masakan lebih berkualitas dari segi rasa, tampilan dan awet dari basi.
ü  Product features
Product features kami adalah pudding dan minuman, kami membuat pudding yang bervariasi dari segi rasa dan bentuknya, dan pada minuman kami menyediakan minuman yang memiliki design yang unik, bahan alami tanpa pemanis buatan  dan juga rasa yang bervariasi agar konsumen tidak bosan dan disukai dari semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa.
ü  Product design
Product design kami bermacam-macam, ada masakan khas daerah sampai masakan modern, hingga hidangan penutup maupun  hidangan sampingan. Selain itu kami menerima semua jenis pesanan makanan dari para konsumen.

2) Brand
Nama usaha kami yaitu Nice and Delicious Catering. Nama ini memiliki arti bahwa catering ini tidak hanya bagus dalam kemasan tetapi juga dari segi rasa catering ini memiliki rasa yang banyak disukai oleh konsumen dengan rasanya yang pas dan tentunya tanpa bahan pengawet.
                            
3) Packaging
Disini kami menggunakan Kemasan yang sama pada umumnya yaitu menggunakan box nasi yang tahan panas tetapi bukan steroform (bagi acara yang sifatnya sederhana seperti pengajian, selametan dan yang langsung membeli) dan bagi yang sifatnya besar seperti pesta pernikahan dan acara sunatan menggunakan rantang nasi yang besar dan rantang pemanas stainles agar makanan tetap hangat.

4) Product support service
Jika dalam perjalanan pengantaran catering menuju rumah konsumen atau menuju acara yang diadakan konsumen dengan diantarkan pegawai catering kami mengalami kerusakan (seperti jatuh) maka kami akan memperbaiki atau mengganti makanan atau minuman yang jatuh tersebut.

2.     Price (Harga)
Komponen harga merupakan satu-satunya unsur mix marketing yang memberikan pendapatan bagi perusahaan, sedangkan ketiga unsur lainnya (produk, saluran distribusi, dan promosi) adalah penyebab timbulnya cost/biaya. Hal-hal yang tergolong sebagai saluran distribusi dalam bisnis catering antara-lain : Harga yang bervariasi tergantung dari paket catering yang diorder, harga yang sesuai dengan kualitas makanan dan minuman catering yang dipesan, harga murah tetapi dengan rasa dan tampilan makanan yang tidak terlalu berkualitas,sedangakan harga yang cukup mahal akan menghasilkan makanan dan minuman yang rasa dan tampilannya berkualitas tinggi, paket potongan /diskon harga pada hari tertentu pemesanan catering dan paket catering acara pernikahan . Harga makanan catering disini bervariasi  dan tergantung paket yang di sediakan oleh catering kami.
Ada dua jenis catering yang kami layanin untuk kostumer catering Nice and Celicious Catering. Berikut ini paket catering yang kami sediakan dalam usaha kami :
1.    Catering Rumahan
Untuk pesanan catering rumahan kami menyediakan beberapa paket seperti paket yang berikut ini :
·      Paket catering harian standar berupa nasi, lauk pauk (ayam/ikan), sayuran porsi untuk 4 orang, harganya Rp.25.000
·      Paket catering istimewa berupa nasi,lauk pauk (daging sapi),sayuran, dan makanan penutup porsi untuk 4 orang, harganya Rp.35.000
Keterangan : untuk porsi lebih dapat konfirmasi kepada pihak catering kami dan harga berupah sesuai porsi.
2.    Catering Pernikahan
Untuk pemesanan catering pernikahan kami menyedikan catering dan service dalam pesta pernikahan. Berikut ini adalah paket catering dan service  pernikahan :
·         PAKET PLATINUM
( Untuk Tamu 800 Orang )
Rp. 25.900.000,-
  1. Buffe Utama 600 Porsi
  2. Es Puter 200 Cup Dalam Gubuk ( Ice Cream )
  3. Empal Gentong 200 Porsi Dalam Gubuk
  4. Siomay 200 Porsi Dalam Gubuk
  5. Martabak Mesir 200 Porsi Dalam Gubuk
  6. Soto Betawi 200 Porsi Dalam GUbuk
  7. Sate Ayam 200 Porsi Dalam Gubuk
  8. Kambing Guling 2 Ekor Dalam Gubuk
  9. Jajan Pasar 4 Tampah
  10. Decorasi Buffe + Meja Dessert
  11. Ice Carving 2 Huruf
  12. Ice Tary
·         PAKET SILVER
( Untuk Tamu 500 Orang )
Rp. 15.900.000,-
1.    Buffe Utama 400 Porsi
  1. Kambing Guling 2 Ekor Dalam Gubuk
  2. Es Puter 200 Cup Dalam Gubuk ( Ice Cream )
  3. Siomay 200 Porsi Dalam Gubuk
  4. Soto Betawi 200 Porsi Dalam Gubuk
  5. Jajan Pasar 2 Tampah
  6. Decorasi Buffe + Meja Dessert
  7. Ice Carving 2 Huruf
  8. Ice Tray
·               PAKET GOLD
( Untuk Tamu 600 Orang )
Rp. 20.900.000,-
  1. Buffe Utama 500 Porsi
  2.     Es Puter 200 Cup Dalam Gubuk ( Ice Cream )
  3.     Kambing Guling 2 Ekor Dalam Gubuk
  4.     Siomay 200 Porsi Dalam Gubuk
  5.     Martabak Mesir 200 Porsi Dalam Gubuk
  6.     Soto Madura 200 Porsi Dalam Gubuk
  7.      Sate Ayam 200 Porsi Dalam Gubuk
  8.     Jajan Pasar 3 Tampah
  9.      Decorasi Buffe + Meja Dessert
  10.      Ice Carving 2 Huruf
 ·         PAKET EXCLUSIVE
( Untuk Tamu 1000 Orang )
Rp. 32.900.000,-
  1.      Es Doger 200 Cup Dalam Gubuk
  2.      Ice Cream 200 Cup Dalam Gubuk
  3.      Empal Gentong 200 Porsi Dalam Gubuk
  4.      Siomay 200 Porsi Dalam Gubuk
  5.      Martabak Mesir 200 Porsi Dalam Gubuk
  6.      Sate Ayam 200 Porsi Dalam Gubuk
  7.      Kambing Guling 2 Ekor Dalam Gubuk
  8.      Pempek  200 Porsi Dalam Gubuk
  9.      Jajan Pasar 5 Tampah
  10.       Decorasi Buffe+Meja Dessert
  11.       Ice Carving 2 Huruf
  12.       Ice Tray 

3.   Place ( Tempat atau saluran distribusi)
         Peranan saluran distribusi adalah sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha untuk mempermudah penyampaian barang dan jasa dari perusahaan ke konsumen.  Hal-hal yang tergolong dalam saluran distribusi dalam usaha catering “nice and delicious” ini adalah  pemesanan catering melalui via telephone, kemudahan menjangkau tempat catering, kemudahan dalam melakukan pembayaran bagi yang memesan paket catering untuk acara pernikahan, sunatan dan acara-acara lainnya.

4.   Promotion (Promosi)
Promosi disini adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Hal-hal yang tergolong sebagai promosi dalam bisnis catering disini adalah Pemberian kemudahan akan informasi pemesanan catering rumahan dan untuk pesta, disini kita memberikan berupa brosur catering pada setiap wedding organizer, door to door (pintu ke pintu), spanduk iklan catering kami di jalan-jalan besar , promosi melalui internet memalui blog dan facebook sehingga costumer atau pelanggan yang ingin memesan bisa melihat berbagai variasi menu dari paket catering yang tersedia pada catering kami ini.
Promosi Nice and Delicious Catering memalui brosur ke perumahan-perumahan menegah ke atas, selain itu kami juga mempunyai website mengenai produk dan service catering kami www.niceanddeliciouscatering.com
 

(c)2009 Nuniek Indriasti Rahayu ;). Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger