Pages

Kamis, 09 Juni 2011

REPORTASE 8_PROMOTION

NUNIEK INDRIASTI RAHAYU
1445096069
MP NONREG 2009
REPORTASE KE 8 PROMOTION

Jakarta 13 Mei 2011. Pukul 13.00-15.00 di lantai 3 gedung Daksinapati kampus A Universitas Negeri Jakarta ruang 307 oleh dosen Amril Muhammad,SE., M.Pd dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. pada hari itu pak amril menjelaskan tentang Promotion pada marketing mix yang dalam pertemuan sebelumnya dijelaskan mengenai PLACE pada marketing mix.

PROMOTION OF MARKETING AND COMMUNICATION


Promotion dilakukan karena seseorang perlu menginformasikan tentang produk yang dijual. Untuk itu muncul iklan. Iklan itu sendiri mengandung pengertian penyampaian informasi dengan tidak adanya pertemuan langsung atara konsumen dengan produsen. Ada beberapa cara yag dilakukan produsen untuk mempromosikan dan mengkomunikasikan produknya kepada konsumen, diantaranya:
Advertising (antara informasi dengan orang tidak langsung bertemu seperti iklan dan spanduk) atau dengan kata lain advertising adalah bentuk promosi gagasan barang atau jasa yang di sampaikan melalui media indoor, outdoor, cetak, audio, visual maupun audiovisual, lalu ada Personal Selling jenis promosi yang dilakukan oleh sales seperti MLM (Multi Level Marketing), selanjutnya ada Sales Promotion yaitu penjualan yang dilakukan oleh perusahaan kepada konsumen dengan memberi bonus atau potongan harga dalam jangka waktu tertentu. Dan yang terakhir Public Relation yaitu proses membangun hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat atau konsumen untuk membangun citra positif perusahaan di mata masyarakat, public relation juga digunakan untuk mengetahui masalah negative yang mungkin muncul dari masyarakat atau melakukan kegiatan-kegiatan tertentu (event).

REPORTASE 9_KUALITAS

NUNIEK INDRIASTI RAHAYU
1445096069
MP NON REG 2009


Jakarta 25 Mei 2011. Pukul 13.00-15.00 di lantai 3 gedung Daksinapati kampus A Universitas Negeri Jakarta ruang 307 oleh dosen Amril Muhammad,SE., M.Pd dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. pada hari itu pak amril menjelaskan tentang “Kualitas”.
APA ITU KUALITAS ? Suatu strategi dasar bisnis yang menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan atau bahkan melampaui harapan konsumen bukan hanya satu kali tetapi berulangkali dan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Kualitas juga dapat dikatakan sebagai Tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen. Jadi, kualitas dari suatu barang atau jasa sangat mempengaruhi daya beli konsumen dengan berlangganan barang atau jasa tersebut.
Terdapat 3 aspek dalam kualitas yaitu yang pertama Satu-satunya (suatu produk dikatakan berkualitas jika hanya ada satu ada diproduksi tetapi jumlahnya terbatas (absolut) atau jumlah yang di produksi hanya sedikit. Kedua Standar, kualitas yang bersifat relative (penyesuaian yang berubah-ubah tergantung situasi) misalnya saja sekarang berkualitas belum tentu yang akan dating juga berkualitas. Dan yang ketiga Consumer satisfaction (kepuasan pelanggan), suatu barang dikatakan berkualitas jika mampu memenuhi kepuasan pelanggan. Dengan banyak jumlah konsumen dengan selera yang berbeda-beda, tetapi bagaimana caranya agar tetap bisa membuat konsumen puas. Dalam consumer satisfaction, dikenal istilah Consumer Behaviour atau prilaku konsumen.
Selanjutnya Pak Amril menjelaskan mengenai proses analisis kualitas. Dalam analisis menggunakan metode fish bone analysis (analisis tulang ikan). Kegiatan analisis ini digambarkan beliau sebagai berikut:
Disini dijelaskan bahwa ketika menganalisis kualitas, maka didalamnya terdapat faktor-faktor yaitu SDM (siapa saja orang-orang yang membuat produk tersebut atau bisa dikatakan pekerja), goodwill (nama baik perusahaannya), daya tahan barang tersebut ketika digunakan, merk atau brand, kemasan (bagaimanakah produk itu dikemas sehingga bisa tampil menarik),promosi (bagaimana memasarkan produk contohnya melalui brosur,pamphlet, poster dan lain sebagainya) place (lokasi yang tepat untuk memasarkan produk tersebut), serta harga (apakah sesuai dengan manfaat yang diberikan produk tersebut).
 

(c)2009 Nuniek Indriasti Rahayu ;). Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger