Pages

Sabtu, 14 Mei 2011

REPORTASE 6_ PRICING PADA MARKETING MIX

Jakarta 11 Mei 2011. Pukul 13.00-15.00 di lantai 3 gedung Daksinapati kampus A Universitas Negeri Jakarta ruang 307 oleh dosen Amril Muhammad,SE., M.Pd dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran jasa Pendidikan. pada hari itu pak amril menjelaskan tentang pricing atau harga pada marketing mix dalam pertemuan sebelumnya dijelaskan mengenai produk pada marketing mix.
Price atau harga dapat diartikan sebagai sejumlah uang yang ditukarkan untuk memperoleh produk atau jasa. Selain itu, harga merupakan sejumlah nilai yang digunakan untuk memperoleh manfaat dari kepemilikan atau penggunaan jasa.
1. Internal Faktor (Faktor-faktor yang ada di dalam organisasi) yaitu yang pertama cost (harga pokok) terdiri dari Bahan Baku+Tenaga Kerja Langsung+Overhead+Laba selanjutnya ada Marketing mix strategy yaitu barang yang sama dijual ditoko yang beda, harganya menjadi berbeda, lalu marketing Objektif yaitu Mengenai tujuan dari pemasaran itu untuk apa?Dan organizational consideration (Pertimbangan Organisasi) yaitu Pertimbangan-pertimbangannya berupa SDM dan produk yang berkaitan dengan kemasan, dan kemasan berpengaruh dengan outlet, dan memiliki tempat dimana-mana.
2. Eksternal Faktor terdiri dari Market yang Terbagi lagi menjadi 3 yaitu yang pertama Pure Competion (berjualan dengan kompetisi yang fair), Monopoli yaitu ada beberapa perusahaan, tetapi dalam menentukan harga kelompok secara bersamaan yang menentukannya dengan 1 harga dan Oligarki. Selanjutnya Demand (Kekuatan Permintaan) yang memiliki hokum bahwa Apabila Demand naik, Supply tetap maka harga Naik (D↑,S─ →P↑) sebaliknya Apabila Demand turun, Supply tetap maka harga Turun (D↓,S─ →P↓), lalu yang ketiga ada competitor , dan yang terakhir other eksternal factor yaitu Politik, Sosial, Hukum (memeriksa ke laboratorium), Ekonomi dan Biografi
Terdapat tiga pendekatan dalam menentukan harga yaitu yang pertama ada cost based pricing yaitu harga pokok produksi ditambah dengan laba, selanjutnya ada value based pricing dan yang terakhir ada competition based pricing. Dalam strategi penyesuaian harga biasanya penjual melakukan berbagai strategi seperti memberikan discount (potongan tanpa kompesasi) dan allowance (dengan menukar tambah barang).


Oleh :
Nuniek Indriasti Rahayu
1445096069
MANAJEMEN PENDIDIKAN NON REG 2009


0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Nuniek Indriasti Rahayu ;). Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger