Pages

Selasa, 08 Maret 2011

KONSEP DASAR JASA (REPORTASE II)


Rabu, 2 Maret 2011 pukul 13.00-15.00
Konsep Dasar Jasa
Jasa adalah….??
Ø      Suatu aktivitas  atau serangkaian kegiatan dimana terjadi interaksi dengan manusia maupun mesin yang disediakan untuk memuaskan pelanggan atau konsumen
Contohnya : bengkel dan ATM atau e-Toll Card
Ø      apapun yang dapat menjual baik personal maupun service, tempat, organisasi, ide, nilai produk, interaksi, produsen dan konsumen.
Intinya : Semua dilakukan untuk memuaskan pelanggan, membuat semuanya menjadi efisien, kepuasan pelanggan itu berbeda-beda tidak semua orang senang dengan pelayanan yang praktis karena tergantung kebutuhan orang tersebut. oleh karena itu produsen jasa harus cerdik dalam memilih segmen.

Kualitas jasa  : sangat mempengaruhi interaksi antara produsen dan konsumen.

Karakteristik Jasa :
1.       Sesuatu yang bersifat Abstrak
2.      Proses produksi jasa dapat menggunakan atau tidak menggunakan bantuan suatu produk fisik
3.      Jasa tidak mengakibatkan peralihan hak atau kepemilikan
4.      Terdapat interaksi antara penyedia jasa dengan pengguna jasa.


Beberapa karakter dari intangibility (Abstrak) ialah :
1.       Suatu jasa baru bisa dirasakan ketika jasa tersebut disampaikan kepada konsumen.
2.      Suatu jasa kadang terasa sulit dipahami konsumen.
3.      Suatu jasa sulit kadang sulit untuk dijelaskan kepad konsumen
4.      Penilaian akan kualitas sulit ditentukan oleh konsumen

Dalam pemasaran jasa ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh produsen, yaitu :

1.       Kemasan atau cover, karena kemasan menunjukkan identitas suatu barang yang akan dijual
2.      Produsen jasa harus pandai memilih segmen
3.      Karena sifatnya yang abstrak (baru bisa dinikmati setelah diproduksi) maka jasa harus didukung dengan fitur-fitur tambahan.
4.      Pemasaran dari segi orang yang hebat atau dengan menggunakan brand ambasador, contohnya, iklan sabun lux yang menggunakan brand ambasador wanita yang cantik agar konsumen tertarik dengan produk tersebut.
5.      Penempatan, contohnya apabila kita akan membangun mesjid disebuah sekolah, apabila mesjid tersebut ditujukan untuk umum sebaiknya mesjid diletakkan di dekat jalan sehingga memudahkan masyarakat untuk menggunakan mesjid tersebut.

v     Jasa pendidikan merupakan jasa yang bersifat mulia.

Faktor kunci agar usaha jasa berkembang :
1.      Renewing Service Offering (Mempengaruhi jasa yang ditawarkan)
melakukan survey mendatangi tempat yang akan diobservasi.
Contoh : Dahulu Bank hanya berfungsi untuk menabung namun sekarang beragam deposito, reksadana, pinjaman dll.
2.     Localizing Service Point (Lokalisasi titik-titik pelayanan)
Survey atau terjun langsung ke tempat pelayanan jasa
Contoh : ATM, Delivery Service  (KFC)
3.     Leverage Contract (kesepakatan di awal)
Adanya kesepakatan (perjanjian kontrak) yang dibuat diawal antara konsumen dan produsen.
Contoh : adanya kesepakatan jurusan yang diambil apa dan tahu untuk jadi apa
4.     Using of Information
Memanfatkan informasi baik yang berbayar maupun yang free
(Bagaimana memanfaatkan kekuatan informasi)
Contoh : Facebook (mempromosikan jasa lewat facebook)
5.     Determaining Service Value
Mempromosikan jasa lewat Koran. Strategi yang digunakan oleh produsen agar konsumen mengatakan “ya” atau “setuju”
Contoh : apa yang membedakan antara UNJ dengan perguruan lain.
 

OLEH :
NUNIEK INDRIASTI RAHAYU
1445096069
MANAJEMEN PENDIDIKAN NON REGULER 2009

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Nuniek Indriasti Rahayu ;). Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger