Pages

Kamis, 09 Juni 2011

REPORTASE 9_KUALITAS

NUNIEK INDRIASTI RAHAYU
1445096069
MP NON REG 2009


Jakarta 25 Mei 2011. Pukul 13.00-15.00 di lantai 3 gedung Daksinapati kampus A Universitas Negeri Jakarta ruang 307 oleh dosen Amril Muhammad,SE., M.Pd dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. pada hari itu pak amril menjelaskan tentang “Kualitas”.
APA ITU KUALITAS ? Suatu strategi dasar bisnis yang menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan atau bahkan melampaui harapan konsumen bukan hanya satu kali tetapi berulangkali dan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Kualitas juga dapat dikatakan sebagai Tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen. Jadi, kualitas dari suatu barang atau jasa sangat mempengaruhi daya beli konsumen dengan berlangganan barang atau jasa tersebut.
Terdapat 3 aspek dalam kualitas yaitu yang pertama Satu-satunya (suatu produk dikatakan berkualitas jika hanya ada satu ada diproduksi tetapi jumlahnya terbatas (absolut) atau jumlah yang di produksi hanya sedikit. Kedua Standar, kualitas yang bersifat relative (penyesuaian yang berubah-ubah tergantung situasi) misalnya saja sekarang berkualitas belum tentu yang akan dating juga berkualitas. Dan yang ketiga Consumer satisfaction (kepuasan pelanggan), suatu barang dikatakan berkualitas jika mampu memenuhi kepuasan pelanggan. Dengan banyak jumlah konsumen dengan selera yang berbeda-beda, tetapi bagaimana caranya agar tetap bisa membuat konsumen puas. Dalam consumer satisfaction, dikenal istilah Consumer Behaviour atau prilaku konsumen.
Selanjutnya Pak Amril menjelaskan mengenai proses analisis kualitas. Dalam analisis menggunakan metode fish bone analysis (analisis tulang ikan). Kegiatan analisis ini digambarkan beliau sebagai berikut:
Disini dijelaskan bahwa ketika menganalisis kualitas, maka didalamnya terdapat faktor-faktor yaitu SDM (siapa saja orang-orang yang membuat produk tersebut atau bisa dikatakan pekerja), goodwill (nama baik perusahaannya), daya tahan barang tersebut ketika digunakan, merk atau brand, kemasan (bagaimanakah produk itu dikemas sehingga bisa tampil menarik),promosi (bagaimana memasarkan produk contohnya melalui brosur,pamphlet, poster dan lain sebagainya) place (lokasi yang tepat untuk memasarkan produk tersebut), serta harga (apakah sesuai dengan manfaat yang diberikan produk tersebut).

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Nuniek Indriasti Rahayu ;). Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger