Pages

Jumat, 20 Mei 2011

REPORTASE 7_ PLACE

NUNIEK INDRIASTI RAHAYU
1445096069
MP NONREG 2009
REPORTASE KE 7 PLACE

Jakarta 13 Mei 2011. Pukul 13.00-15.00 di lantai 3 gedung Daksinapati kampus A Universitas Negeri Jakarta ruang 307 oleh dosen Amril Muhammad,SE., M.Pd dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. pada hari itu pak amril menjelaskan tentang Place pada marketing mix yang dalam pertemuan sebelumnya dijelaskan mengenai Price pada marketing mix.
PLACE
Place atau penempatan yaitu mendistribusikan suatu produk kepada konsumen, dimana konsumer dapat membeli produk / jasa anda baik virtual melalui internet atau secara nyata dengan adanya tempat secara nyata (dapat berupa rumah, toko, perusahaan dan sebagainya).
Ada beberapa cara pendistribusian barang untuk sampai pada konsumen, diantaranya adalah yang pertama Langsung (Produsen langsung menjual atau mendistribusikan produk ke konsumen. penjualan ini bisa melalui toko atau outlet milik sendiri maupun milik sendiri dengan menyewa tempat), yang kedua ada Intermediatery (Pendistribusian produk melalui: Agen, Supermarket, Toko milik pihak ke tiga (menaruh barang pada toko lain yang bukan milik pribadi) Pendistribusian jenis ini memiliki prinsip bagi hasil atau pemberian royalty terhadap toko yang ditumpanginya.) selanjutnya Hybrid (Pendistribusian produk secara campuran antara langsung dengan intermediatery. Contoh: Nokia memiliki toko sendiri untuk menjual produknya, tetapi Nokia juga menjual produknya di toko lain yang bukan milik sendiri), lalu ada Telemarketing Yaitu Penjualan produk dengan menggunakan jaringan telepon. Biasa dipakai Bank dalam hal marketing, asuransi, dan kartu kredit., MLM (Multi Level Marketting) Merupakan cara menjual produk dengan menggunakan jasa orang lain yang sifatnya bertingkat atau terdapat level-level tertentu. Dan yang terakhir E-Commerce yaitu Cara mempromosikan produk dengan cara menggunakan media online yaitu dengan membuat website sendiri, sebagai contoh kaskus atau facebook. Pada prinsipnya pendistribusian dilakukan demi mendekati konsumen. Agar konsumen memiliki kemudahan untuk membeli produk yang dijual dan agar konsumen tidak mudah pindah ke produsen lain.
Alasan dalam memilih saluran distribusi yaitu dikarenakan efisiensi biaya, dapat fokus terhadap satu bidang agar tidak tercampur baur, mempertimbangkan kualitas, SDM (Sumber Daya Manusia) dan Pergudangan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Nuniek Indriasti Rahayu ;). Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger